Rabu, 04 Desember 2013

Writer's Deck : Chaos Salvo-DAD

  Hai haii ! balik lagi bersama gw JV, yang kali ini akan membahas salah satu deck favoritnya. Sebelumnya, gw selaku penulis memohon maaf sebesar-besarnya buat para pembaca yang sudah menunggu-nunggu artikel kami selama ini. Semoga sobat duelist tidak bosan-bosan untuk terus menyantroni mengunjungi blog kami.


  Chaos Salvo-DAD ? Mungkin beberapa sobat duelist tidak tahu sama sekali dengan deck DAD yg satu ini. Bahkan waktu gw bawa deck ini, temen-temen tegalycg bingung ini deck fokusnya apa dan tujuannya mau ngapain -_-
  Jadi biar kalian pada tau apasih deck Chaos Salvo-DAD (yang umum disebut Salvo-DAD), makanya JV mau "membeberkan" decknya. Here's the decklist :

Monsters : 24
1x Dark Armed Dragon
1x Black Luster Soldier - Envoy Of The Beginning
1x Chaos Sorcerer
3x Black Salvo
1x Genex Ally Birdman
3x Effect Veiler
3x Dekoichi The Battlechanted Locomotive
3x Cardcar D
3x Battle Fader
2x Photon Thrasher
2x Tragoedia
1x Thunder King Rai-Oh

Spells : 11
1x Allure Of Darkness
1x Dark Hole
3x Mystical Space Typhoon
2x Pot Of Duality
2x Shard Of Greed
2x Swords Of Revealing Light

Traps : 5
1x Bottomless Trap Hole
1x Compulsory Evacuation Device
2x Dimensional Prison
1x Solemn Warning

Extra Deck : 
1x Ally Of Justice Catastor
1x Ancient Faerie Dragon
1x Ancient Fairy Dragon
2x Black Rose Dragon
2x Karakuri Shogun MDL 00 "Burei"
1x Scrap Archfiend
1x Crimson Blader
1x Jeweled Red Dragon Archfiend
1x Stardust Dragon
1x Lavalval Chain
1x Maestroke The Symphony Djinn
1x Number 101: Silent Honors Ark Knight
1x Noblswarm Beelzebuth

  Decklist Image HERE

  Nah itu dia decklist Salvo-DAD versi JV. Lalu gw akan bahas 1 per 1 kartu & fungsinya di deck ini.

    ~BOSSES~

- Dark Armed Dragon (DAD)
  DAD adalah salah satu boss di deck ini. Jika DAD sudah di field, maka artinya GG bagi musuhmu. Cukup dengan membanish 1 monster dark dari graveyardmu, tembak satu kartu di field. Hebatnya lagi tak ada pembatasan dalam menggunakan efeknya.
- Black Luster Soldier - Envoy Of The Beginning (BLS)
  BLS masih bisa dibilang sebagai kartu ter-BROKEN yg masih legal digunakan. Dengan ATK poin 3000 BLS bisa menggilas banyak monster, dan jika serangannya sukses, dia bisa nyerang 1 kali lagi. Kalo kamu males buat nyerang, tinggal banish aja Stardust Dragon atau mungkin Marshmallon musuhmu.
- Chaos Sorcerer
  Ini dia adek kecilnya BLS. Dengan summoning condition yg sama persis dengan BLS, dia mewarisi efek BLS meskipun tak seIMBA kakaknya. Dia hanya bisa membanish 1 face-up monster, tak sebebas BLS yg bisa membanish monster dalam posisi apa saja.

    ~BEATER & NEGATOR~
- Photon Thrasher
  Beater ATK 2100 gratisan yg di special summon tanpa cost. Bisa buat mancing bottomless, warning, dan torrent lawan. Setelah nyerang pake thrasher, set si deko, end. Biarin lawan nyerang deko kita dapet draw 1, atau gagalin serangan lawan lalu flip deko dan overlay jadi lavalval chain, top deck DAD, summon salvo, synchro summon. Dia juga fodder buat summon BLS / Chaos Sorcerer
- Thunder King Rai-Oh
  King of anti-meta! Salah satu monster level 4 terbaik dengan ATK 1900 dan kemampuan yg mencegah searching (Salvo-DAD jarang searching loh) serta menegate special summon inherent seperti synchro, xyz, cyber dragon, dll. Dia juga fodder buat summon BLS / Chaos Sorcerer
- Effect Veiler
  Lawan summon car, dan kamu lempar veiler, niscaya lawan akan mengutukmu karena perbuatan kejammu. Selain menegate efek, veiler juga tuner yg bisa buat akses ke lv5 with thrasher, lv7 with sorcerer, lv8 with ancient fairy, dan star eater with trago. Dia juga fodder buat summon BLS / Charos Sorcerer
- Solemn Warning
  Counter Trap terkuat kedua setelah Solemn Judgment yg dibanned di format ini. Warning bisa negate summon dan efek yg dapat berujung pada special summon seperti monster reborn, macro cosmos, battle fader, dll.

    ~DRAW & CONSISTENCY~

- Dekoichi The Battlechanted Locomotive
  Biar banyak orang meremehkan kemampuannya, deko adalah salah satu inti dari deck ini. FLIP: Draw 1 kartu memang sangat lambat, dibandingkan draw power lainnya, tapi dengan beginilah deck ini berjalan, karena deko target terbaik untuk salvo.
- Cardcar D
  Car cukup populer di meta sekarang. Car memakan normal summon dan battle phase kita, tapi ngasih +1 bagi kita. Kita juga gabisa special summon di turn car make efeknya. Jangan lupa set minimal 1 backrow sebelum make efeknya.
- Allure Of Darkness
  Deck ini ada banyak dark, dan kegunaannya sudah sangat jelas.
- Shard Of Greed
  Pecahan dari Pot Of Greed, dia sendiri terbilang slow karena harus nunggu 2 turn biar dapet +1, tapi di format sekarang yg ga ada heavy storm, dia bisa digunakan buat mancing MST lawan. Dan jangan khawatir, Shard 80% pasti sukses karena musuh tak ingin kehilangan monsternya ketimbang membuatmu tidak mendapat 2 kartu segar.
- Pot Of Duality
  Duality menambahkan konsistensi dalam deck. Duality + Shard + Car = BIG PLUS, apalagi jika kita bisa dapet fader dalam drawnya car.

    ~STALLS~

- Battle Fader
  Deck ini slow. Deck ini pake car. Meta sekarang banyak OTK. Meta sekarang power trap sedikit. Masih perlu tanya apa fungsi fader ?
- Tragoedia
  Monster lv10 yg bisa di summon ketika menerima battle damage. ATK poin tergantung hand size kita. Efek yg sebenernya kita butuhin itu efek ngubah levelnya. Efek nyuliknya juga berguna buat yg mau xyz summon, atau synchro summon kalo lawan cukup bego ninggalin tunernya di field.
- Swords Of Revealing Light
  Lawanmu mesti sabar ngadepin kartu ini. Sword ngasih kamu proteksi selama 3 turn. Menurut gw sword jauh lebih baik daripada roar, waboku, dll. Karena dia ga cuma ngasih perlindungan, tapi dia juga ngebuka semua monster face-down di field. Tau ghostrick ? Daripada ngabisin attack yg cuma ngasih damage separo, mendingan ancurin tuh mumi-mumian konyol itu.

    ~MAIN TUNERS~

- Black Salvo
  Bom hitam kecil ini inti dari deck ini. Ya jelaslah ! Namanya juga Salvo-DAD ! Efeknya yg bisa mengangkat monster dark machine lv4 dari grave dan melakukan synchro summon lv7 seperti nuklir field Black Rose Dragon.
- Genex Ally Birdman
  Fungsi utamanya sebenernya cuma buat merecycle si salvo biar turn berikutnya kita bisa synchro summon lagi.

    ~REMOVALS~

- Mystical Space Typhoon (MST)
  Ga ada heavy storm di format sekarang, 3 MST itu wajib, seenggaknya bawa buat side deck.
- Dark Hole
  1 kartu yang bisa +0 alias 1for1 sampe +4 kalo musuh punya 5 monster yg bisa disapu dark hole sekaligus. Karena ga ada heavy storm, jarang orang main deck starlight road lagi.
- Bottomless Trap Hole
  Seri Trap Hole paling sempurna yg bisa menerbangkan monster lawan dgn ATK 1500 ke atas.
- Compulsory Evacuation Device
  Balikin monster lawan ke hand tanpa cost. Lebih IMBA lagi kalo yg dibalikin itu monster synchro / xyz / fusion.
- Dimensional Prison
  Removal 1for1 buat ngadepin stardust dragon karena stardust gabisa negate prison. Tapi prison cuma bisa banish 1 monster yg nyerang, ga seperti mirror force yg ngancurin semua monster lawan dalam ATK mode dan efek prison menarget attackernya, artinya dia gabisa ngadepin Obelisk dan monster yg gabisa ditarget card effect. Player Preference.

  Demikian decklist Salvo-DAD beserta keterangannya gw tulis. Semoga dapat memberi inspirasi bagi sobat duelist yg ingin berkreasi dengan decknya, ataupun buat sobat duelist yg ingin mencoba move-on dengan coba-coba netdecking deck ini :D
  Artikel berikutnya dari JV akan membahas tentang kenapa kamu harus bermain Salvo-DAD, Dragon Rulernya di delay sampe JV nemu ide buat artikelnya. So stay tuned di blog kami. Lain kali penerbitan artikel di blog tegalycg akan kami update lebih cepat & frekuen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Duelist yg baik akan meninggalkan jejak meskipun field telah dibom Black Rose Dragon :v